Thursday, January 13, 2011

Membuat email dengan domain nama sendiri (userID@namakamu.co***)

      Masih memakai email nunut (dibaca:nebeng) @gmail.com/@yahoo.com? Tidak inginkah anda memakai nama anda sendiri, misal email saya: @jazztyan.co.cc, sehingga jazztyan@jazztyan.co.cc. Yupz, benar sekali google menyediakan fasilitas untuk membuat email yang bisa dibilang mudah, hhmm, gampang2 susah sih. Syaratnya adalah anda harus mempunyai domain sendiri tapi jangan takut, banyak domain gratisan yang beredar, seperti co.cc, co.tv, c-o.in, dll. Nahh, tapi di sini saya akan menuntun anda dengan domain co.cc, dan saya juga akan menuntun anda bagaimana mendaftar di co.cc tersebut. So, let'z begin!


>Cara Mendaftar co.cc

1. buka web ini klik, lalu isi kotak seperti gambar di bawah ini dengan nama anda (saya mencoba dengan nama "mitsurusutoh", klik periksa kesediaan.
2. Jika nama anda tidak tersedia, cobalah nama lainnya, atau diakali seperti disisi _ atau angka atau tambah nama panjang, dll. Setelah berhasil maka akan muncul screen seperti ini: klik lanjutkan pendaftaran


3. Selanjutnya klik buat account baru sekarang

4. Setelah terbuka halaman selanjutnya, Isi form2 sesuai data diri kamu. Centang "Saya menerima Persyaratan dan Layanan", lalu klik "Buat account baru sekarang".

5. Masukkan username dan pass yang tadi anda buat, isi kode lalu klik sign in. Lalu klik setup


Pembuatan Domain co.cc kamu telah berhasil, sekarang buka new tab lalu masuk ke http://www.google.com/a/cpanel/domain/new

Di sinalah proses sebenarnya:
 - Masukkan domain yang tadi kamu buat di kotak Saya ingin menggunakan nama domain yang ada,  contoh mitsurusutoh.co.cc



 - Isi formnya, jangan lupa di centang, no telpon +62 tanpa 0 di depan. Informasi Organisasi tidak harus diisi. klik selanjutnya.

-Kamu akan dibawa ke Account Adminstrator, isi semua formnya, email tersebut adalah email yang nantinya kamu pakai. jangan lupa centang, lalu klik saya setuju.
-Selanjutnya kamu menuju halaman login, loginlah dengan user dan password yang barusan kamu buat tepat di atas ini. klik masuk.

- Halaman berikutnya langsung saja klik saya setuju.


- Kamu akan masuk ke Dashboard GOOGLEAPS, lihat gambar. Kita akan melakukan setting dan sebelumnya harus memverifikasi kepemilikan domain. Klik pada Verifikasi kepemilikan domain.
 


Di halaman selanjutnya anda diberikan pilihan metode verifikasinya. Pilih yang Ubah CNAME record anda.

- Setelah memilih akan keluar informasi CNAMEnya. Dan sekarang kita beralih ke co.cc lagi yang tadi.(jangan tekan verikasi dulu)

- Sudah di web co.cc bagian set up yang tadi, pilih zone record. Disana akan terdapat box isian. Pada Host, kamu isi dengan nama CNAME yang tadi muncul di GOOGLEAPS. Contohnya domain saya yang mitsurusutoh tadi, maka saya masukkan di Host adalah googleffffffffd96cd814.mitsurusutoh.co.cc. Pada pilihan Type/Pri maka pilih CNAME. Terakhir pada value kamu ketikkan google.com, setelah itu klik tombol setup.

- Sekarang kembali lagi ke web GOOGLEAPS, dan langsung saja klik verifikasi.
- Kembali ke Dashboard GOOGLEAPS, scroll ke bawah, klik aktifkan email.

- Kita akan dibawa ke halaman yang memberi petunjuk untuk membuat MX Record. Disitu terdapat table yang berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan sebagai MX record pada setting co.cc. Urutan prioritas ini sudah diatur oleh Google, dan kita tidak dapat merubahnya. Biarkan halaman ini tetap terbuka, jangan mengklik apapun dan kembali ke co.cc.

- Di co.cc, kembali klik zone record. Sekarang kamu menambahkan lagi settingan seperti tadi namun agak berbeda. Pada Host masukkan nama domain kamu, misalnya saya mitsurusutoh.co.cc. Selanjutnya untuk Untuk Type/Pri pilih MX dan Priority diisi sesuai yang diberikan Google (di halaman Google Apps), misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM(tanpa titik di akhir). TTL biarkan 1 D. Kemudian klik setup. Lakukan hal yang sama berulang-ulang kali sehingga keterangan yang tadi di GOOGLEAPS habis, lihat gambar sebagai contoh.

-Kembali ke halaman Google Apps. Klik Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut dan kita akan dibawa kembali ke halaman Dashboard. Lihat Setelan Layanan dan klik pada Email. Pada halaman berikutnya, klik link Ubah URL. Kemudian pada halaman berikutnya lagi kita dapat memilih untuk mengubah alamat akses email supaya mudah untuk mengingat alamat Login email kita. Di sini misalnya untuk domain mitsurusutoh.co.cc dibuatkan alamat akses http://mail.mitsurusutoh.co.cc. Jadi untuk berikutnya kalo mau membuka email gunakan alamat tadi. Jika tidak diganti, alamat untuk mengakses defaultnya dari google http://mail.google.com/a/mitsurusutoh.co.cc. Agak susah kan? terlalu panjang. Kalo sudah selesai, klik Lanjut.

-Kita sekarang dibawa ke halaman yang memberi petunjuk untuk membuat CNAME Record, atas pengalamatan akses email yang tadi kita buat. Lompat dulu ke halaman co.cc, jangan klik apa-apa di halaman GOOGLEAPS.

-di halaman co.cc kita kembali lagi ke zone record, isi lagi, kali ini beda, pakai contoh mitsurusutoh (buat anda ya pakai nama anda)
Host : mail.mitsurusutoh.co.cc
Type/Pri : CNAME
Value : ghs.google.com ( sesuai poin 3 dan 4 pada halaman GOOGLEAPS sebelumnya)
setelah itu balik lagi ke web GOOGLEAPS yang tadi dan klik tombol Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut.

Yupz, akhirnya sampai juga kita di penghujung perjalanan. Asyik bukan? :P Semoga tidak membingungkan, klo bingung silahkan tanyakan melalui comment.
Oya, tunggu 1-3jam sampai email siap pakai. n kamu kalian punya domain lain, bisa dicoba juga!
Just try it! n enjoy,.,.

thankz to kucingbunted.com

No comments: